Wah Harga Besi Meroket, Kontraktor Mengeluh

Beberapa kontraktor saat ini mesti sebisa-bisanya memakai cost biaya pembangunan project sesuai sama kontrak yang telah disetujui. Sebab, harga material besi alami kenaikan sampai 50 %.

Direktur CV Paling utama Karya Kusmanto menyebutkan, harga besi yang awal mulanya Rp 6 ribu per kg pada Mei lantas selalu merangkak naik. Sekurang-kurangnya kurun waktu kurang dari 4 bln. telah berlangsung enam kali kenaikan. Harga besi beton sekarang ini sudah menjangkau Rp 9. 150 per kg, atau naik sekitaran 50 % di banding Mei kemarin.

Kenaikan diprediksikan selalu berlangsung. Disadari cukup merepotkan, karna kenaikannya lumayan besar. Terlebih besi beton jadi material paling utama. Paling akhir Kusmanto beli besi beton masih tetap seharga Rp 7. 700 serta Rp 8. 300 per kg.

Baca juga: Harga Besi Beton – Harga Keramik

Walau sebenarnya untuk pembangunan dua jembatan di ruas Jalan Desa Burikan, Kecamatan Kota – Desa Bacin, Kecamatan Bae, dan jembatan di ruas Jalan Kaluwungu, Kecamatan Kaliwungu – Getasrabi Kecamatan Gebog, masih tetap perlu sekitaran dua ton besi. ”Saat ini harga nya telah menjangkau Rp 9. 150 perkilogram. Tapi untuk material beda harga nya relatif. Tidak ada problem, ” tuturnya.

Menurut dia, besi adalah satu diantara material perlu serta menyedot banyak biaya. Bahkan juga untuk pembangunan jalan beton. Sejumlah 50 % cost biaya dialokasikan untuk besi beton. Tengah 50 % yang lain untuk cor beton serta tenaga kerja.

Resiko melambungnya harga besi beton diprediksikan juga akan beresiko pada proses aktivitas yang dibiayai APBD perubahan. Bila tak ada kebijakan dinas untuk menambah HPS, jadi juga akan memberatkan relasi.

Hal seirama juga disibakkan Komisaris PT Mega Karya Jaya, Ahmad Fatoni. Dia mengemukakan, banyak relasi menjerit karena kenaikan besi beton yang menjangkau lebih 50 %, dari Rp 6. 000 pada Mei lantas saat ini telah diatas Rp 9. 000 per kg. ”Galagar baja (IWF) naik lebih dari 30 %, dari mulanya Rp 8. 000, saat ini telah menjangkau Rp 11 ribu per kg, ” katanya.

Baca juga: Harga Tiket Masuk Museum Angkut – Harga Hp Android Samsung Galaxy

Sekarang ini kerjakan project Pembangunan Pasar Hewan di kawanan jalan lingkar tenggara, masuk Desa Gulang Mejobo dengan nilai sekitaran Rp 15 miliar. Project diawali awal Agustus lantas mesti rampung akhir Desember. Walau material besi beton serta Gelagar baja naik, pihaknya tetaplah bertanggungjawab untuk merampungkannya. Itu resiko pekerjaan.

Diakuinya, tidak sekali lagi berhitung apakah kelak masih tetap memperoleh keuntungan. Yang perlu project jadi sesuai sama kesepakatan kontrak. Untuk melindungi kredibilitas, sebab bila tidak ditangani berisiko di-blacklist. ”Kenaikan material tidak dapat kami jauhi. Kami tetaplah konsentrasi pekerjaan, walau kenaikan material bangunan berisiko mengakibatkan kerugian, ” tuturnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum serta Pengaturan Ruangan Sam’ani Intakoris menyebutkan, kenaikan Gelagar Baja serta Besi Beton pada 25-30 %. ”Tapi relasi tetaplah mesti kerjakan sesuai sama kontrak, walau sekarang ini harga material alami kenaikan, ” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *