Simaklah Pesona Gunung Botak di Papua Barat yang Mencuri Perhatian

” Gunung ini aneh serta unik, serta yg terpilih ialah seluruhnya tetap alami, belum juga tersentuh pergantian dari manusia, ” kata Irwan, pemandu serta pengemudi yg bekerja di lokasi Papua Barat, terkait Gunung Botak.

Walaupun namanya Gunung Botak, gunung di Kabupaten Manokwari Selatan ini tak sungguh-sungguh gundul. Pohon pohon besar memang tak kelihatan di semuanya seluruh pandang, namun tetumbuhan pendek, semak serta rumput liar menyelimutinya punggung gunung, membuatnya kelihatan seperti gundukan raksasa berwarna hijau kekuningan.

Gunung yg seakan terbuat dari tanah yg tertumpah di dekat laut ini berhadap-hadapan secara langsung dengan lautan Pasifik. Dari puncaknya tersaji panorama hamparan laut serta cakrawala, dan lika-liku jalanan di kaki gunung yg kelihatan seperti lukisan batik.

Di tanjungnya, pengunjung dapat berfoto dengan latar panorama gunung serta lautan, yg kelihatan seperti danau tenang yg dikelilingi gunung.

Perairan di lebih kurang gunung itu bening. Nelayan dapat dengan tenang menjaring ikan disana sebab gelombangnya tak besar. Tetapi sedikit nelayan yg mencari ikan disana sebab tempatnya jauh dari perkampungan masyarakat.

Hamparan pasir putih memperbagus pantai yg memutari teluk. Di sebagian sisi, hamparan pasir putihnya cukuplah luas buat ruangan bermain dipinggir pantai. Namun apabila mau berswafoto di dekat tebing seharusnya waspada sebab belumlah ada fasialitas pagar pengamanan yang layak.

Perjalanan menuju Gunung Botak mencakup perjalanan darat lebih kurang tujuh hingga delapan jam dari Manokwari menuju Bintuni ditemani panorama alam indah, melalui perkampungan masyarakat lokal serta transmigran yg jaraknya berjauhan di Distrik Momi Waren, Manokwari Selatan.

Buat menuju kesana, diperlukan mobil dengan perincian privat sebab jalanannya berbukit serta termasuk jalan lempung (jawa) yg belum juga beraspal.

Transportasi umum belum juga ada, yg ada mobil sewa dengan cost Rp2, 5 juta buat perjalanan dari Manokwari menuju Bintuni.

” Jika 1 tahun terus, 1/2 mati menuju area ini, jalannya curam penuh batuan serta lempung (jawa), ditambah lagi apabila hujan, bakal susah melintas, ” kata Irwan.

jadwal kapal awu 2019
jadwal kapal labobar 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *