Viral, Kapal Terjebak di Sarang Buaya, Puluhan Imigran Hilang di Australia

Diperkirakan setidaknya 30 imigran gelap hilang di di dalam hutan hujan Daintree yang dipenuhi buaya di negara bagian Queensland, Australia, setelah kapal mereka –diyakini sebagai kapal penangkap ikan– ditemukan terdampar di dekat muara sungai.

Polisi mengkonfirmasi bahwa pencarian sedang dilakukan untuk menemukan para imigran, yang kemungkinan memasuki area hutan setelah kapal mereka kandas di lepas pantai pada Minggu pagi.

Dikutip dari The Guardian pada Senin (27/8/2018), sebelas orang berhasil ditemukan dan segera ditahan oleh otoritas setempat. Belum dipastikan dari mana mereka berasal, namun kemungkinan besar adalah warga Vietnam, jika dilihat dari aksen bicaranya.

Baca Juga :

Jadwal Keberangkatan Kapal Laut Terbaru
Harga Tiket kapal Terbaru

Sekitar 30 orang lainnya masih dalam pencarian petugas berwenang di area hutan bakau, yang disebut sebagai habitat buaya air asin mematikan.

Meski begitu, polisi belum yakin apakah mereka adalah benar imigran ilegal atau nelayan yang tengah mengalami kesulitan karena tersesat.

Operator Daintree Fishing dan Photography Tours, Dave Patterson, mengatakan dirinya tengah mengantar kelompok tur sekitar pukul 08.30 pagi ketika ia melihat “perahu kayu yang tampak aneh seperti kapal nelayan Vietnam-China-Indonesia”, berada 2 kilometer di kejauhan, di tepi Cape Kimberley dekat muara Sungai Daintree.

“Saya hanya berpikir itu adalah kapal nelayan,” kata Patterson. “Saya kemudian mendengar bahwa (nelayan dan operator tur lain) naik ke sana, dan melaporkan tidak ditemukan apapun kecuali 11 orang yang tampak ketakutan.”

Temuan kapal tersebut menjadi tamparan keras bagi otoritas penjaga perbatasan, yang biasanya bisa mencegat arus imigran, jauh sebelum memasuki wilayah Australia.

Klaim suaka sering dibuat di atas laut, namun tidak banyak yang disetujui untuk melanjutkan ke Negeri Kanguru. Otoritas imigrasi Australia mengatakan banyak dari kedatangan imigran ilegal itu berasal dari Vietnam dan Kamboja.

Catatan terakhir menyebut pencari suaka yang berhasil mencapai Australia adalah enam warga negara China, yang mendarat di pulau Saibai di Queensland utara. Mereka melakukan perjalanan dari Papua Nugini, pada bulan Agustus tahun lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *