Sri Mulyani Ungkap Fakta Penyebab Loyonya Rupiah Terhadap Dolar AS

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan jawaban terkait cecaran anggota DPR soal nilai tukar rupiah terhadap dolar yang melemah mendekati level krisis moneter 1998. Menurutnya, pelemahan tersebut didorong dari kondisi global.

“Mohon maaf, bila dikatakan alasannya faktor eksternal, faktanya memang begitu. Karena itu, APBN 2019 kami desain untuk mengantisipasi gejolak itu,” tutur Sri di ruang sidang Parlemen dalam Rapat Paripurna, Jakarta, Selasa 4 September 2018.

Baca Juga : Harga Tiket Kapal Pelni Lawit

Lebih lanjut, dia menjelaskan, faktor global itu di antaranya kebijakan normalisasi moneter dan kenaikan suku bunga oleh The Federal Reserve, serta perang dagang dengan negara Tiongkok, telah berimbas negatif pada banyak negara, termasuk emerging economies.

“Beberapa negara yang memiliki fondasi ekonomi yang rentan, ditambah dengan kebijakan ekonomi mereka yang dianggap tidak konsisten dengan fundamental ekonominya, telah mengalami krisis seperti Venezuela, Argentina, serta Turki,” ungkap dia.

Baca Juga : Jadwal Kapal Pelni Lawit Terbaru

Karena itu, dia menegaskan, Indonesia harus meningkatkan kewaspadaannya dalam menghadapi lingkungan ekonomi yang sangat menantang ini, salah satunya adalah dengan mempersiapkan RAPBN 2019 dengan sebaik-baiknya dan optimal.

Sebab, lanjut dia, dilihat dari sumber permasalahannya, gejolak ekonomi global dan pengaruh negatifnya terhadap negara-negara berkembang diperkirakan masih akan berlangsung hingga 2019.

Baca Juga : Jadwal Kapal Laut Pelni terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *